Oleh: BMT AZKA Patuk | 16 Februari 2009

Dua BMT Ilegal Dilaporkan ke Polisi

polisiYogyakarta, Kompas – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi atau Disperindagkop Provinsi DI Yogyakarta melaporkan dua Baitul Maal wat Tamwil atau BMT ke polisi karena beroperasi tanpa izin. Terbongkarnya kasus BMT ilegal tersebut berawal dari pengaduan masyarakat.Kepala Disperindagkop DIY Syahbenol Hasibuan, Sabtu (3/2) mengatakan, saat ini kedua BMT tersebut sedang diproses secara hukum. “Pemiliknya bisa dijerat pasal-pasal pidana karena menjaring dana masyarakat tanpa izin. Secara kelembagaan, BMT ilegal tersebut akan kami tutup karena sudah menyalahi aturan,” kata dia.
Menurut Syahbenol, pertumbuhan BMT di DIY tergolong pesat. Saat ini sekitar 60 unit BMT yang beroperasi.
Penggunaan prinsip kerja syariah membuat posisi mereka mudah diterima masyarakat. Untuk membuka BMT, syarat permodalan awal juga lebih mudah, yakni Rp 15 juta. “Kalangan masyarakat Islam lebih menyukai BMT daripada koperasi karena prinsip kerjanya tidak menggunakan riba,” katanya.
Dalam sistem kerja koperasi sebenarnya juga tidak dikenal riba karena semua ketentuan diatur bersama oleh anggota koperasi, baik menyangkut prosedur penghimpunan dana melalui simpanan maupun penggunaan dana untuk pinjaman.
“Badan hukum BMT juga berupa koperasi. Pada pendirian awalnya BMT sebenarnya bukan diarahkan menjadi koperasi. Namun karena badan hukum yang sifatnya mendekati adalah koperasi, dipilihkan status badan hukum ini,” tutur Syahbenol.
Bekti Hendri Anto, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mengatakan, sebelum memutuskan bergabung dengan BMT, masyarakat harus mengidentifikasi terlebih dahulu kinerja BMT bersangkutan. (ENY)

Sumber : http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0702/05/jateng/47983.htm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: